Tips Mengatasi Kebosanan Anak Saat Libur Panjang

Libur panjang memang mengasikkan, akan tetapi jika terlalu panjang akan membuat sang buah hati bosan. Alih alih membuat anak dapat beristirahat dengan baik namun justru membuat mereka lekat dengan gadget nya. Tentu saja keadaan seperti ini sering membuat para orang tua jengkel dan harus ektra ketat dalam mengawasi nya. Libur kenaikan kelas tahun 2019 tergolong sangat panjang apabila dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, karena didahului dengan libur hari raya. Untuk mengatasi kebosanan dan ketergantungan sang anak terhadap gadget dalam menghabiskan masa libur panjang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama ajak diskusi sang anak dan usulkan daftar kegiatan atau jadwal aktivitas selama liburan. Kedua ikut sertakan anak dalam kegiatan menginap diluar dirumah. Dan yang ketiga memanfaatkan gadget untuk belajar.




Diskusikan Jadwal Aktivitas Selama Liburan

Selalu diskusikan dengan anak, karena liburan adalah hak mereka untuk melepaskan dari rutinitas belajar, Apalagi jika sang anak ikut sekolah yang full day maka liburan merupakan salah satu hal yang paling dinantikan. Dengan mendiskusikan aktivitas selama liburan orang tua akan mengetahui keinginan mereka dan tinggal mengarahkan serta memberikan usul aktivitas yang berguna bagi mereka. Ada beberapa cara untuk mengorganisaskan aktivitas mereka selama liburan. Pertama mengelompokan sesuai aktivitas dan kedua membuat jadwal dengan memperhatikan waktunya. Tentu saja jadwal yang disusun tidak harus terlalu detail yang penting anak anak dapat memahami dan mempunyai arahan untuk menghabiskan liburannya. 

Langkah pertama adalah membuat daftar kegiatan secara keseluruhan. Kita buat daftarnya apa yang diinginkan anak dan apa yang kita sarankan. dalam membuat daftar kegiatan jangan terlalu mendominasi biarkan anak menentukan sendiri seluruh kegiatan yang ingin dia lakukan selama liburan, setelah selesai baru kita evaluasi dan kita sesuaikan. Dalam mengevaluasi daftar kegiatan, pertama kita pisahkan dulu kegiatan didalam rumah dan diluar rumah.  Komposisi atau perbandingan jumlah aktivitas didalam ruangan dan diluar ruangan harus seimbang. Karena ini liburan sekolah maka akan lebih baik jika lebih banyak yang diluar ruangan. setelah kita pilah pilahkan baru dilihat mana yang membutuhkan transportasi dan waktu khusus, semisal anak ingin pergi ke taman bermain atau ingin naik gunung, maka kita pisahkan semua aktivitas yang memerlukan persiapan khus baik transportasi,, waktu dan masalah biaya.

Kedua, sisipkan kegiatan kegiatan fun learning atau aktivitas belajar yang menyenangkan. buat aktivitas kombinasi antara keingan anak dan belajar sesuatu, Sebagai contoh  belajar berenang bagi yang belum bisa berenang, atau kegiatan main ke sawah sambil belajar mengenal lingkungan. Kemudian kumpulkan semua informasi mengenai daftar aktifitas tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam menyusun jadwal.

Terakhir, perencanaan jadwal, jadwal kita rencakan dengan membuat tabel harian selama liburan. Masukan semua kegiatan yang membutuhkan hari khusus dan tidak bisa digabung dengan kegiatan lain. Contoh jadwal liburan kerumah kakek nenek, maka perlu hari khusus untuk perjalanan kesana jika rumahnya jauh.  berikutnya masukan kegiatan kegiatan yang bisa dikombinasikan dalam satu hari. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak aktivitas dalam satu harinya. Dengan menyusun jadwal selama liburan maka anak dapat memanfatakan waktu luang lebih baik dan lebih terkesan.

Liburan Dengan Kegiatan Menginap di Luar Rumah

Mengisi liburan dengan kegiatan menginap diluar rumah merupakan salah satu alternatif untuk memanfaatkan waktu luang. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar mengenal lingkungan dan bersosialisasi dengan teman teman yang lainnya. ada beberapa alternatif kegiatan menginap bagi anak, orang tua tinggal menyesuaikan dengan keinginan anak. 

Berikut ini beberapa program liburan menginap diluar rumah yang mudah kita jumpai di indonesia. Pertama Kampung Inggris di Pare, Kediri. Program ini mengharuskan para peserta untuk tinggal di kampung inggris. Jadi anak harus live in disana. Apa saja sih yang dapat dipelajari di kampung inggris? Kita dapat belajar speaking, coversation, vocabulary, ILETS, TOEFL dan Gramar. Selain belajar bahasa inggris, anak ana juga belajar mandiri, karena mereka akan mengatur hidup mereka sendiri. Mereka harus mencari makan dan mencuci baju sendiri. Untuk biayanya cukup murah dan terjangkau, antara 150 ribu sampai 1,6juta untukk program, biaya hidup dan biaya kost selama satu bulan. Program kedua adalah Math Camp dan Sains Camp, merupakan program pembelajaran matematika dan sains. Program ini biasanya berajalan 2 hari sampai 1 minggu, biaya bisa beragam.  Program ini biasanya di selenggarakan di KPM (klinik Pendidikan Mipa) baik di bogor maupun di cabang cabang yang ada di kota kota di Indonesia. Selain itu beberapa Lembaga Bimbingan Belajar, khususnya yang mempunyai kelas Olimpiade biasanya menyelenggarankan juga. Ketiga, program pesantren kilat, biasanya program ini diselenggarakan oleh pondok pesantren pondok pesantren dan hanya khusus untuk calon satrinya. Cpntohnya Tazkia IIBS Malang, menyelenggarakan Islamic Super Camp tiap tahunnya. Program ini khusus untuk calon satrinya. Biaya islamic super camp di tazkia adala gratis. Program sejenis lainnya adalah  Surau Rantau, program persiapan memasuki aqil balik. atau program program dari sekolah alam. Silahkan para orang tua mengakses informasi pada lembaga lembaga di kota asal bapak ibu semua.

Memakai Gadget Untuk Belajar

Saat ini gadget memang menjadi suatu yang jamak, jadi lebih baik kita memanfaatkannya untuk tujuan yang baik dari pada memusuhinya. Yang perlu menjadi perhatian adalah, ajari dan awasi penggunaan gadget pada anak anak. Ajari anak anak untuk mengatur waktu penggunaan gadget secara mandiri. Jadi tidak harus orang tua yang mengatur, anak pun bisa mengaturnya sendiri. menggunakan gadget untuk belajar, berarti mengharuskan kita menginstall aplikasi. beberapa aplikasi yang dapat dijadikan acuan buat belajar adalah ruang guru, aplikasi Ensiklopedia Bocah Muslim, dan aplikasi lainnya.

Itulah beberapa alternatif memanfaatkan libur panjang yang dimiliki oleh anak anak. Jadi anak anak tidak hanya bersenang-senang tetapi juga belajar mengenai banyak hal selama musim liburan.


Tips Mengatasi Kebosanan Anak Saat Libur Panjang