Cara Ampuh Untuk Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang

Libur panjang telah usai, saatnya kembali ke sekolah. Berikut ini hal hal yang harus dipersiapkan agar anak-anak siap memasuki tahun ajaran baru di sekolah. ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh ayah bunda yaitu persiapan mental anak, persiapan secara fisik dan persiapan akan peralatan sekolah dan seragam anak anak.

Persiapan Mental Anak-Anak Setelah Libur Panjang

Setelah libur panjang dan harus kembali ke sekolah bisa jadi menjadi hal yang berat sekaligus menyenangkan. Anak-anak sudah terbiasa dengan ritme kegiatan yang lambat dan santai harus kembali ke rutinitas berangkat pagi dan belajar sepanjang hari. Tentu saja kegiatan belajar tidak harus membosankan akan tetapi bisa sangat menyenangkan.  Hal tersebut sangat tergantung persepsi anak terhadap sekolah dan pengalaman anak-anak pada tahun ajaran sebelumnya. Untuk mempersiapkan mental  anak agar semangat kembali ketika masuk sekolah adalah dengan memberikan motivasi, memberikan liburan yang berkualitas, Membangun rutinitas kembali dan memberikan pemahaman soal siklus libur-sekolah-libur-sekolah.

Berbicara dan berdiskusi dengan sang buah hati mengenai persiapan "school in" setelah libur panjang adalah hal yang pertama kali harus kita lakukan. Dengan berbicara dengan anak-anak kita dapat mengetahui kondisi psikologis anak sehingga dapat menyiapkan sesuai dengan kebutuhan spesifik anak.  Komunikai yang intensif antara orang tua dan anak adalah kunci utama untuk mempersiapkan anak masuk kembali ke sekolah. Dengan komunikasi orang tua dan anak maka akan terbangun ikatan emosional yang kuat dan membantu membangun kesiapan mentalnya.  Mengkondisikan dapat dilakukan dengan jalan membangun kebiasaan anak lagi. Biasakan bangun bagi, bagi yang muslim setelah selesai sholat subuh langsung bisa dilanjutkan mengaji pagi atau aktivitas lainnya. setelah bangun, langsung merapikan tempat tidur, membersihkan diri dan sarapan. Kita sebagai orang tua juga harus ikut ritme yang sang anak, agar terjadi padu padan dengan aktivitas mereka.

Langkah kedua, mulai membiasakan diri dengan  sekolah. Untuk membiasakan diri dengan sekolah, orang tua bisa mengajak anak berkendara menyelusuri rute dari rumah ke sekolah. Hal lain yang dapat dilakukan adalah mencoba mengingat ingat guru dan teman sekolahnya. Ada baiknya kita berkunjung atau bersilahturahmi dengan guru sang anak. selanjutnya kita dapat bercerita mengenai momen momen yang indah saat tahun ajaran kemarin.

Langkah ketiga, kita latih kemampuan life skill anak termasuk kemampuan untuk mandiri, menolong dirinya sendiri, menolong orang lain dan memahami lingkungan sekitar. Tujuan dari pelatihan ini adalah anak siap secara mental dan dapat menyiapkan kebutuhan sekolahnya sendiri dan dapat memahami serta menolong orang lain. Orang tua harus dapat membiasakan anak untuk merapikan dan menata tempat tidurnya kemudian menyiapkan peralatan mandi, mulai handuk, baju dan sikat gigi dan sabun. tidak kecuali membiasakan anak dapat mandi sendiri dengan bersih. Setelah mandi anak dapat dibiasakan untuk menata peralatan sekolah yang hendak dibawa. Selanjutnya anak akan membiasakan makan pagi. Selain melatih mereka untuk mandiri, anak harus dibekali kemampuan untuk menolong orang lain dan memahami lingkungan sekitar. Kita tumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar dalam diri anak,

Persiapan Fisik Anak

Libur akhir tahun ajaran yang cukup panjang Bisa menganggu keadaan fisik anak. Apalagi jika anak memanfaatkan liburan panjang untuk bepergian jauh, maka di usahakan anak anak sudah pulang ke rumah beberapa hari sebelum masuk sekolah. Menjaga kesehatan anak, jika kita liburan ketempat yang jauh maka ada baiknya seminggu sebelum masuk sudah sampai rumah. Potong rambut dll.

Siapkan Peralatan Sekolah

Siapkan bersama anak anak perlatan sekolah yang meliputi seragam, buku, alat tulis dan tas. Pastikan sang anak memilih sendiri motif atau gambar gambar buku tulis yang diinginkan. Hal tersebut akan menambah semangat anak untuk berangkat sekolah.





Cara Ampuh Untuk Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah Setelah Libur Panjang