Definisi dan Pengertian Akuntansi Secara Umum

Akuntansi dapat di definisikan sebagai satu kesatuan system pencatatan transaksi, pengklasifikasian, dan pelaporan dari transaksi keuangan yang dilakukan oleh sebuah entitas atau organisasi. Didalamnya terdapat proses identifikasi, pengukuran, penilain dan penyajian informasi keuangan yang kemudian di sajikan dalam laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi atau peraturan yang berlaku.

Sedangkan menurut AICPA (American Institute of Certified Public Accounting) mendefinisikan akuntansi sebagai sebuah seni mencatat mengklasifikasi dan meringkasnya dalam satuan mata uang untuk semua transaksi dan kejadian dan melaporkan hasilnya. Definisi dari AICPA ini cukup mudah di mengerti oleh masyarakat secara umum.

Seni Mencatat

Tentu saja, yang di maksud seni mencatat adalah dengan membukukan dengan segera semua trasaksi keuangan yang terjadi. Catatan tersebut bisa dalam bentuk tulisan manual atau rekaman dalam bentuk digital. Catatan secara manual di buat bisa berbentuk catatan dengan tangan atau dengan komputer yang di ketik dalam kertas kerja. Sedangkan dalam bentuk rekaman digital, semua transaksi disimpan atau dicatat dengan menggunakan aplikasi atau software akuntansi tertentu. Hal terpenting dalam proses ini adalah memastikan semua transaksi sudah dicatat dengan baik. 

Seni Mengklasifikasi

Seni mengklasifikasikan transaksi terkait dengan analisa secara terstruktur dan sistematis dari semua transaksi yang sudah dicatat. Proses pengklasifikasian transaksi yang dilakukan harus mengacu pada aturan dan standar yang baku. Pekerjaan ini dalam bidang akuntansi biasanya dilakukan dengan menyusun buku besar. Buku besar tersebut di isi berdasarkan jenis dan kategori dari semua transaksi yang ada. Jadi semua transaksi diklasifikasikan sesuai dengan jenis akun yang ada.

Seni Meringkas

Seni meringkas dalam akuntansi adalah bagaimana menyajikan hasil klasifikasi semua transaksi yang sudah dicatat. Ringkasan tersebut akan dituangkan dalam bentuk laporan keuangan dalam periode tertentu. Di Indonesia biasanya laporan keuangan disusun secara tahunan maupun semesteran. Ringkasan tersebut merupakan tahap persiapan untuk menyusun laporan keuangan  seperti  Neraca dan Laporan Laba Rugi.

Intepretasi 

Setelah data diringkas dalam bentuk laporan keuangan, laporan tersebut harus di intepretasikan agar pengguna dari laporan keuangan tersebut dapat mengerti dan memahami informasi yang terkandung didalamnya. Dalam hal ini pengguna dapat menggunakan informasi dalam laporan keuangan untuk menilai apakah perusahaan atau entitas tersebut memberikan hasil yang baik atau tidak. 

Dari definisi akuntansi dan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa:
  1. Akuntansi sebagai alat untuk pencatatan
  2. Akuntansi sebagai sistem informasi
  3. Akuntansi sebagai penyedia jasa
  4. Akuntansi sebagai ilmu sosial yang terus berkembang

Definisi dan Pengertian Akuntansi Secara Umum