Memahami Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan dengan Mudah


Karakteristik kualitatif laporan keuangan ukuran ukuran dasar yang harus dipenuhi dalam menyajikan informasi akuntansi. Ada empat karakteristik kualitatif laporan keuangan, yaitu Relevan, Andal, Dapat Diperbandingkan dan Dapat di pahami. Jadi dalam menyusun laporan keuangan harus memenuhi sifat sifat dasar tersebut di atas.

Relevan

Relevan dapat diartikan dapat berguna secara langsung. Dalam hal ini laporan keuangan dikatakan relevan jika informasi yang terkandung didalamnya dapat digunakan dan informasi yang termuat didalamnya dapat mempengaruhi atau digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat digunakan untuk mengevaluasi transaksi yang terjadi di masa lau, maupun untuk memprediksi kinerja keuangan perusahaan dimasa depan.

Berikut ini beberapa ciri informasi yang relevan;
  1. Memiliki manfaat umpan balik, informasi dalam laporan keuangan memungkinkan user untuk memperbaiki atau menyakinkan harapan mereka atau target mereka di tahun tahun sebelumnya.
  2. Dapat digunkan untuk meramalkan, Informasi yang baik dapat dipergunakan untuk memprediksai masa yang akan datang berdasarkan data masalalu, data data sebelumnya.
  3. Tepat Waktu, informasi dapat digunkan jika disajikan tepat waktu atau tidak terlambat dari date line yang dibutuhkan.
  4. Informasi nya Lengkap, informasi laporan keuangan yang disajikan secara lengkap dan full disclousre mencakup semua aspek akan berguna bagi pengambil keputusan.

Andal

Andal atau dapat dipercaya, artinya laporan keuangan menyajikan informasi yang dapat dipercaya dan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan saji. Karena informasi yang andal itu yang dapat dipercaya maka laporan keuangan harus disajikan dengan jujur. Nah berikut ini adalah beberapa ciri laporan yang handal;
  1. Laporan keuangan harus disajikan secara jujur, artinya informasi didalmnya benar benar menggambarkan transaksi  dan kejadian lain secara wajar.
  2. Informasi dalam laporan keuangan harus dapat diverifikasi kebenarannya. Artinya laporan keuangan dapat diuji dan dibuktikan kebenarannya oleh pihak ketiga.
  3. Laporan keuangan disajikan secara netral, jadi laporan keuangan disajikan untuk kebutuhan umum.

Dapat Dibandingkan

Laporan dapat dibandingkan dengan laporan keuangan lainnya atau dengan laporan tahun sebelumnya. Agar dapat dibandingkan maka penyusunan laporan keuangan harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Artinya perusahaan tersebut atau entitas harus menjalankan kebijakan akuntansi secara konsisten dari tahun ketahun.

Dapat Dipahami

Laporan keuangan harus dapat dimengerti karena di susun dnegan struktur yang mudah dipahami dan istilah yang disesuaikan.  Pemahaman ini harus disertai dengan asumsi pengetahuan yang memadai. 

Itulah penjelasan karakteristik kualitatif laporan keuangan  yang harus dipenuhi. Tentu saja selain laporan yang disusun harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, pengguna juga harus mempunyai pengetahuan yang memadai. 

Memahami Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan dengan Mudah